«

»

Oct 21 2012

Seminar 10 PRINSIP HIDUP BERMASYARAKAT

PANITIA PERAYAAN HARI KELAHIRAN BHAGAWAN SRI SATHYA SAI BABA 2012 kembaliĀ  mengadakan
“WORKSHOP / SEMINAR TENTANG SEPULUH PRINSIP HIDUP BERMASYARAKAT” sebagai rangkaian dari 9 Pedoman Prilaku yang sudah diulas dalam seminar dua minggu sebelumnya.

Acara ini di pandu oleh Bpk. Putu Suwitra, dan sebagai narasumber yang bertugas menambahkan / menguatkan ulasan-ulasan yang dipresentasikan dalam workshop ini antara lain; Bpk Profesor Wayan Jendra, Bpk Profesor Sayang Yupardhi, Bpk. Ketut Wiana, Bpk. Mangku Suwena, Bpk Eddy Purnomo dan Bpk Made Suasti Puja. Workshop diawali dengan registrasi, do’a bersama (bhajan), Pembukaan, Sambutan Ketua SSG Denpasar, Sambutan Ketua Korwil VII (sekaligus sebagai pembuka acara dengan penyalaan api jyotir), snack 15 menit, acara inti session pertama, istirahat makan siang 30 menit, acara inti session kedua, ditutup dengan do’a (AARATI).

Workshop ini berjalan sangat menarik dan interaktif, diselingi joke-joke segar dari narasumber sehingga walau durasi acara ini begitu panjang, namun tidak menyurutkan semangat para peserta workshop yang datang dari berbagai daerah di Bali maupun dari luar Bali untuk mengikutinya hingga usai.

Dalam workshop ini para peserta dibagi menjadi 10 (sepuluh) kelompok, yang masing-masing kelompok bertugas mendiskusikan dan mempresentasikan tentang salah satu poin Prinsip Hidup Bermasyarakat.
Yaitu :
1. Cinta dan bersikap patriot terhadap tanah air. Jangan membenci /mengkritik tanah air orang lain

2. Hormati semua agama karena semua agama mengajarkan kebenaran yang sama

3. Mengakui persaudaraan antar manusia, memperlakukan semua orang sebagai saudara dan mencintai semuanya

4. Jagalah kebersihan rumahmu dan lingkungannya karena ini dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraanmu

5. Bangkitkan usaha kedermawanan, jangan memberi uang kepada pengemis yang membiasakan mereka menjadi malas. Berilah Makanan, perlindungan, kepada yang cacat, sakit dan tua.

6. Jangan sekali kali memberi suap atau menerima suap

7. Hapuskan semua perasaan cemburu, iri hati dan dengki. Perlakukan semua orang sama tanpa melihat kasta dan kepercayaan

8. Jangan tergantung kepada orang lain. Berusahalah mandiri. Lakukanlah pelayanan oleh diri sendiri

9. Miliki dan tanamkan cinta kasih kepada Tuhan dan rasa takut akan dosa.

10. Patuhilah semua undang-undang negara. Jadilah warganegara teladan

selain kegiatan WORKSHOP ini, pada hari yang sama ada kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis untuk masyarakat umum di SAI KLINIK, Kegiatan untuk anak dan remaja; PENDIDIKAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN yang diisi dengan Bhajan+Bercerita+Permainan+Belajar Chanting Weda+Penanaman Pohon (SAI GREEN), dan pada sore harinya diadakan NARAYANA SEVA (pembagian nasi bungkus untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah Denpasar).